Wilfrida Oktavia, 1116011075 (2015) KULIT PUTIH ITU CANTIK (Kajian Hegemoni Iklan Kecantikan pada Perempuan Kelas Menengah dan Bawah ). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1918Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hegemoni iklan kecantikan pada perilaku perempuan kelas menengah dan bawah dalam upaya mempercantik diri. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik purposive dan wawancara mendalam kepada tiap informan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa perilaku perempuan kelas menengah dan bawah cenderung meniru gaya hidup kelas atas, hal ini berpengaruh terhadap upaya mereka dalam mempercantik diri. Perbedaan ekonomi dan kesadaran tentang kesehatan mempengaruhi perilaku mereka dalam mempercantik diri. Ada berbagai dampak yang mereka hadapi dalam upaya mempercantik diri baik secara kesehatan maupun masalah sosial lainnya bagi mereka yang terhegemoni dan minim kesadaran kesehatan. Hal ini tentu tidak terlepas dari hegemoni iklan kecantikan, yang menunculkan budaya instan. Citra penampilan fisik perempuan dalam iklan kecantikan mengacu pada pengukuhan pencitraan penampilan fisik yang dianggap ideal dalam masyarakat yaitu memiliki kriteria, seperti tubuh langsing, berkulit putih, tinggi berambut panjang dan lurus. Hal ini terus terpelihara oleh masyarakat itu sendiri menjadi sebuah common sense atau opini publik. Disnilah hegemoni bekerja. Sebagai sebuah rantai kemenangan melalui mekanisme persetujuan (consent), bukan pemaksaan atau penindasan. Hal ini merupakan bukti bahwa kemenangan mitos kecantikan populer dalam sudut pandang global ini tidak terlepas dari media massa, khususnya iklan kecantikan. Kata kunci : Perempuan, Iklan Kecantikan, Hegemoni, dan Kuasa Abstrak Bahasa Inggris
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HQ The family. Marriage. Woman |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi |
Pengguna Deposit: | 8516551 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 07:13 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2015 07:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11921 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |