Ismah Fathimah, 1113024030 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SNWACANA.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (328Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (711Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting sebagai bagian dari kecakapan hidup (life skill). Namun, di kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan belum dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretest postest non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kreatif (KBK) yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan N-gain yang dianalisis statistik menggunakan uji-t dan U melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL melalui angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen = 52,60 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol = 38,45. Serta rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen = 64,05 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol = 50,68. Aktivitas yang diamati antara lain mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, persentasi, serta bertukar informasi. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Kata kunci : problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif (KBK), aktivitas belajar, dan kepadatan populasi manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 128173 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:30 |
Terakhir diubah: | 21 Aug 2015 04:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11992 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |