PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015)

Ismah Fathimah, 1113024030 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SNWACANA.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (328Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (711Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting sebagai bagian dari kecakapan hidup (life skill). Namun, di kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan belum dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretest postest non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kreatif (KBK) yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan N-gain yang dianalisis statistik menggunakan uji-t dan U melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL melalui angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen = 52,60 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol = 38,45. Serta rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen = 64,05 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol = 50,68. Aktivitas yang diamati antara lain mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, persentasi, serta bertukar informasi. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Kata kunci : problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif (KBK), aktivitas belajar, dan kepadatan populasi manusia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 128173 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:30
Terakhir diubah: 21 Aug 2015 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir