Midin, DEASY FRISTIKA SARI (2013) PENGARUH LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 4 Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUJUAN.pdf - Published Version Download (1807Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (717Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (489Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi pada SMP N 4 Sekampung, diketahui bahwa Keterampilan Proses Sains (KPS) dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok Ekosistem belum optimal. Hal ini disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang mengoptimalkan fasilitas sarana dan prasarana yang ada. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan penelitian menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar melalui model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar melalui model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep oleh siswa. Deasy FristikaSari iii Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa hasil observasi keterampilan proses sains yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan proses sains dan penguasaan konsep oleh siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata peningkatan keterampilan proses sains semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen meningkat dengan N-gain 35,81%. Sedangkan rata-rata peningkatan penguasaan konsep dengan N-gain 61,06%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar melalui model inkuiri terbimbing berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci : Ekosistem, keterampilan proses sains, lingkungan, model inkuiri terbimbing, penguasan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:24 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 05:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/120 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |