Dian Ramahwati, 1323031008 (2015) METODE BRAINSTORMING DAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
MENGESAHKAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
Text
MENYETUJUI.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (343Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (519Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37Kb) | Preview |
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan peningkatan keterampilan sosial dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa dilihat dari interaksi siswa dengan siswa dan interaksi siswa dengan guruyang pembelajarannnya menggunakan metode brainstorming dan diskusi.Metodepenelitianmenerapkaneksperimensemu (quasi eksperimen) dengan desain faktorial.Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 48 siswa.Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan lembar pengamatan keterampilan sosial. Pengujian hipotesis pertama dan keenam menggunakan analisis varian dua jalan sedangkan untuk hipotesis kedua, ketiga, keempat, kelima, dan ketujuh menggunakan t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan sosial dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa dilihat dari interaksi siswa dengan siswa dan interaksi siswa dengan guru yang pembelajarannnya menggunakan metode brainstorming dan diskusi. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Diskusi, Keterampilan Sosial, Lingkungan Belajar Abstract The objectives of the research is to know differenciate increasing social skill with concerned to the students learning environment among students interaction and between students’- teacher interaction that teaching learning uses brainstorming method and discussion. This research use quasi experiment with factorial design. The sample of the research were all the students of grade XI sosial studies at SMA Persada Bandar Lampung in year 2014/2015. There were 48 students. There were 48 students. The interpretation sampling is probability sampling use cluster random sampling. The colects data use documentation, interviews, and social skill observation sheets. The first and sixth hypothesis testing is using two way variants while for second, third, fourth, fifth, an seventh is using t-test. The result of the research showed that there are differenciates increasing in social skills by observing the students learning environment seen from the students interaction among the students and between students and teacher who using brainstorming method and discussion. Keywords:Brainstorming method, Discussion, Social Skills, Learning Environment.
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Depositing User: | 3372602 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2015 04:58 |
Last Modified: | 22 Aug 2015 04:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12049 |
Actions (login required)
View Item |