PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP GERAK DASAR LAY UP DALAM BERMAIN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

Kasdi, WAHYUDI KURNIA ROMADHON (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP GERAK DASAR LAY UP DALAM BERMAIN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (588Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (625Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (563Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran resiprokal terhadap gerak dasar lay up dalam permainan bola basket dan dari kedua model pembelajaran manakah yang lebih baik untuk meningkatkan gerak dasar lay up dalam permainan bola basket pada siswa kelas X di SMAN 1 Kalianda Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan populasi siswa kelas X di SMAN 1 Kalianda Lampung Selatan sejumlah 350 orang, dan sampel diambil 60 siswa agar bisa dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok kooperatif tipe Jigsaw, kelompok resiprokal dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan penilaian gerak dasar lay up bola basket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis anava. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, didapat nilai t hitung lebih besar dari ttabel yang berarti tolak hipotesis nol (H0), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan lay up bola basket. Kedua, didapat nilai t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti menolak hipotesis nol (H0), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Resiprokal terhadap peningkatan lay up bola basket. Ketiga, thitung lebih besar ttabel maka tolak H0 dan terima Ha artinya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi pengaruhnya daripada model pembelajaran Resiprokal dalam meningkatkan gerak dasar Lay Up bola basket pada siswa SMAN 1 Kalianda, Lampung Selatan. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Resiprokal terjadi peningkatan gerak dasar lay up bola basket. Kata Kunci : Pengaruh, Kooperatif Jigsaw, Resiprokal, lay up

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Pertanian > Olahraga berburu
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 24 Feb 2014 06:03
Last Modified: 24 Feb 2014 06:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item