ENGGUNAAN MODEL COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISWA KELAS VA SEMESTER II SD NEGERI 06 ADIPURO KECAMATAN TRIMURJO

0613053021, DWI PRASTIA (2011) ENGGUNAAN MODEL COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISWA KELAS VA SEMESTER II SD NEGERI 06 ADIPURO KECAMATAN TRIMURJO. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (362Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cafer.pdf

Download (52Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, karena terlihat bahwa masih terdapat siswa yang belum tuntas dan tidak mencapai KKM dalam pembelajaran Matematika di SD Negeri 06 Adipuro. Tujuan penelitian ini untuk peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Va SDN 06 Adipuro, dengan penggunaan model cooperatif learning. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelasVa SD Negeri 06 Adipuro Kecamatan Trimurjo yang terdiri dari 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan (planning),(2) pelaksanaan(acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Alat yang digunakan berupa tes uraian untuk menjaring kemanpuan penguasaan materi pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 60,52%(kategori cukup), siklus 2 meningkat menjadi 80,92%(kategori baik) dan siklus 3 meningkat menjadi 86,84(kategori baik). Pada hasil belajar matematika dengan model cooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini sesuai dengan nilai hasil belajar yang telah dilakukan siswa pada siklus 1,2 dan 3. Peningkatan dah Hasil belajar siswa siklus 1 sebesar 32,33% siklus 2 sebsar 70,00% dan siklus 3 sebesar 86,67%. Peningkatan hasil belajar matematika dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas siswa melalui penggunaan model cooperatif learning pada pembelajaran. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan model cooperatif learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas Va SD Negeri 06 Adipuro Kecamatan Trimurjo.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:59
Last Modified: 07 Sep 2015 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item