0813056613, SULISTYOWATI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 3 FAJAR MATARAM KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Other thesis, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (388Kb) |
|
|
Text
BU SULIS COVER skripsi.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
Text
BU SULIS ISI.pdf Download (286Kb) | Preview |
|
|
Text
Kegiatan Siklus I.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
Text
Kegiatan Siklus II.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RU BU SULIS07-06-201.pdf Download (322Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bermula dari latar belakang adanya kesenjangan antara penggunaan pendekatan pembelajaran dengan anggapan bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang mudah, sehingga berdampak pada turunnya aktivitas dan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 3 Fajar Mataram dengan pokok bahasan menyusun laporan melalui tahapan yang benar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research), prosedur penelitian berbentuk siklus (cycle), setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan reflektif (reflect). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan keteampilan menulis laporan pengamtan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Fajar Mataram, khususnya pada pokok bahasan menyusun laporan melalui tahapan yang benar. Hal ini dapat dilihat melalui perolehan persentase aktivitas siswa pada siklus pertama 69,99%, pada siklus kedua meningkat menjadi 88,32%, dan hasil keterampilan menulis laporan pengamatan siklus pertama 62,5% tuntas, pada siklus kedua meningkat menjadi 83,33 tuntas.
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:06 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |