PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 3 FAJAR MATARAM KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

0813056613, SULISTYOWATI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 3 FAJAR MATARAM KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (388Kb)
[img]
Preview
File PDF
BU SULIS COVER skripsi.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BU SULIS ISI.pdf

Download (286Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Kegiatan Siklus I.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Kegiatan Siklus II.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RU BU SULIS07-06-201.pdf

Download (322Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bermula dari latar belakang adanya kesenjangan antara penggunaan pendekatan pembelajaran dengan anggapan bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang mudah, sehingga berdampak pada turunnya aktivitas dan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 3 Fajar Mataram dengan pokok bahasan menyusun laporan melalui tahapan yang benar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research), prosedur penelitian berbentuk siklus (cycle), setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan reflektif (reflect). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan keteampilan menulis laporan pengamtan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Fajar Mataram, khususnya pada pokok bahasan menyusun laporan melalui tahapan yang benar. Hal ini dapat dilihat melalui perolehan persentase aktivitas siswa pada siklus pertama 69,99%, pada siklus kedua meningkat menjadi 88,32%, dan hasil keterampilan menulis laporan pengamatan siklus pertama 62,5% tuntas, pada siklus kedua meningkat menjadi 83,33 tuntas.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:06
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir