MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SD KRISTEN 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0913099013, Karya Indra Astuti (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SD KRISTEN 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK DLL.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (225Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PEMETAAN KARYA.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi. Berdasarkan hal tersebut maka upaya untuk meningkatkan hasil hasil belajar IPA di SD Kristen 1 Metro Pusat yang rendah dan masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu sebesar 60. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III khususnya pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kristen 1 Metro Pusat kelas IV semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 30 orang. Prosedur penelitian yang akan dilaksanakan terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif dalam penelitian ini akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualuitatif dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 54,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 64,3 (2) Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,3.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:07
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12371

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir