UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN 4 TAMANSARI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2011/2012

1013109055, SRI WATI (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN 4 TAMANSARI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (120Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER,DLL.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada kelas II SDN 4 Tamansari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran didapat bahwa secara umum siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep IPA, disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru didominasi dengan metode ceramah. Selain itu dalam penyampaian pembelajaran IPA juga masih terpisahpisah dengan mata pelajaran yang lain, sehingga pemahaman siswa tentang pembelajaran IPA menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA menggunakan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek tindakan penelitian adalah siswa kelas II semester genap Tahun Ajaran 2011 – 2012 sebanyak 23 siswa di SDN 4 Tamansari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Indikator keberhasilan apabila siswa telah mencapai nilai rata-rata kelas minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siklus I sebesar 64,00 dan rata-rata aktivitas belajar siklus II sebesar 83,75. Adapun hasil belajar, khususnya pada pelajaran IPA diperoleh hasil dengan rata-rata 66,09 di siklus I dan 75,74 di siklus II. Dengan demikian maka pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas II SDN 4 Tamansari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, khususnya pada mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu pembelajaran di kelas rendah hendaknya guru menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih interaktif dalam mempermudah siswa memahami berbagai konsep termasuk konsep mengenai kedudukan matahari.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12426

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir