1013119026, LEGIMAN (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SEMESTER GANJIL SD NEGERI 2 BLITAREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.
|
Text
BAB I.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (152Kb) |
||
|
Text
ISI PROPOSAL PTK LEGIMAN UNILA ....pdf Download (392Kb) | Preview |
|
|
Text
JUDUL PTK UNILA LEGIMAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
Abstrak
Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi siswa, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan muridnya, artinyakegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) aktivitas belajar siswa meningkat ?, (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan tematik di kelas III SD Negeri 2 Blitarejo ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Blitarejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, dalam pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan tematik. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian/pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas III SD Negeri 2 Blitarejo. Pada siklus pertama aktivitas siswa rata kurang aktif (51,60%) dan hasil belajar siswa berkategori kurang dengan persentase 58,63%. Dan pada siklus kedua aktivitas siswa rata cukup aktif (63.14%) dan hasil belajar siswa dari 24 siswa yang berkategori baik adalah 11 siswa (45,83%), berkategori cukup baik 9 siswa (37,5%), dan berkategori kurang baik hanya 4 siswa (16,66%). Jadi penerapan pembelajaran tematik terhadap siswa kelas III pada siklus II dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA SD Negeri 2 Blitarejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2011.
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:41 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 04:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12477 |
Actions (login required)
View Item |