0743024038, NESIA PREMURDIA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH OLEH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1.COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTARK.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.PERNYATAAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.PERSEMBAHAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9.MOTTO.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.SANWACANA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I SKRIPSI SISI.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II SKRIPSI SISI.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III SKRIPSI SISI.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (176Kb) |
||
|
File PDF
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan memecahkan masalah perlu dikembangkan di sekolah karena diharapkan siswa mampu menghadapi masalah kehidupan sehari-hari. Untuk itu ii Nesia Premurdia diperlukan alternatif model pembelajaran yang membuat siswa aktif memecahkan masalah yaitu model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan memecahkan masalah oleh siswa pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan pada siswa kelas X SMA N 1 Talang Padang dengan menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes (pretes iii Nesia Premurdia dan postes) dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t dengan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan memecahkan masalah oleh siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 61,67. Indikator keterampilan memecahkan masalah dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) yakni indikator identifikasi masalah, merumuskan masalah, dan alternatif solusi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), terutama aspek kemampuan mengemukakan pendapat/ide dan berdiskusi merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:15 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12611 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |