PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA

0853024023, KHOIRUNNISA (2013) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Persembahan.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Pernyataan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (302Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterampilan berpikir kritis sangatlah penting bagi siswa untuk menghadapi perubahan dunia. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pardasuka Kabupaten Pringsewu, diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa. Salah satu alternatifnya dengan menggunakan multimedia interaktif melalui model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari N-gain, kemudian Khoirunnisa dianalisis dengan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa persentase aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,40. Selain itu, rata-rata N-gain aspek KBK siswa kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu 47,50%. Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi (75, 29%). Sebagian besar siswa (70, 72%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Gerak Manusia.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:10
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir