0853024023, KHOIRUNNISA (2013) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (302Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan berpikir kritis sangatlah penting bagi siswa untuk menghadapi perubahan dunia. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pardasuka Kabupaten Pringsewu, diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa. Salah satu alternatifnya dengan menggunakan multimedia interaktif melalui model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari N-gain, kemudian Khoirunnisa dianalisis dengan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa persentase aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,40. Selain itu, rata-rata N-gain aspek KBK siswa kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu 47,50%. Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi (75, 29%). Sebagian besar siswa (70, 72%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Gerak Manusia.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:10 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12710 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |