PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA

0853024023, KHOIRUNNISA (2013) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Persembahan.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. MOTTO.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Pernyataan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Sanwacana.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Isi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Daftar Tabel.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Gambar.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis sangatlah penting bagi siswa untuk menghadapi perubahan dunia. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pardasuka Kabupaten Pringsewu, diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa. Salah satu alternatifnya dengan menggunakan multimedia interaktif melalui model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari N-gain, kemudian Khoirunnisa dianalisis dengan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa persentase aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,40. Selain itu, rata-rata N-gain aspek KBK siswa kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu 47,50%. Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi (75, 29%). Sebagian besar siswa (70, 72%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Gerak Manusia.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:10
Last Modified: 07 Sep 2015 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item