PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI

Sri Ambar Wati, 1113023061 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (243Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (148Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Evaluasi pendidikan di Indonesia masih di dominasi pada penilaian kognitif yang menuntut siswa untuk menghafal dan kurang menilai keterampilan proses sains siswa, sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan instrumen asesmen yang menilai keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengem-bangkan instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan hanya sampai pada tahap revisi hasil uji coba terbatas. Hasil dari instrumen asesmen yang dikembangkan yaitu instrumen asesmen yang dapat me-nilai keterampilan proses sains siswa pada materi klasifikasi materi. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan guru terhadap instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Berdasarkan ha-sil tanggapan guru, instrumen asesmen yang dikembangkan memiliki persentase sebesar 93,8% pada aspek keterbacaan, 92% pada aspek konstruksi, dan 95,3% pada aspek kesesuaian isi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpukan bahwa asesmen yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik pada aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi sehingga asesmen yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai keterampilan proses sains siswa yang meliputi ke-terampilan mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menginferensi, dan mengomunikasikan. Kata kunci : Asesmen, Keterampilan Proses Sains, Klasifikasi Materi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 5494659 . Digilib
Date Deposited: 10 Sep 2015 08:03
Terakhir diubah: 10 Sep 2015 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir