PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI

Sri Ambar Wati, 1113023061 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (243Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158Kb) | Preview

Abstrak

Evaluasi pendidikan di Indonesia masih di dominasi pada penilaian kognitif yang menuntut siswa untuk menghafal dan kurang menilai keterampilan proses sains siswa, sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan instrumen asesmen yang menilai keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengem-bangkan instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan hanya sampai pada tahap revisi hasil uji coba terbatas. Hasil dari instrumen asesmen yang dikembangkan yaitu instrumen asesmen yang dapat me-nilai keterampilan proses sains siswa pada materi klasifikasi materi. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan guru terhadap instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Berdasarkan ha-sil tanggapan guru, instrumen asesmen yang dikembangkan memiliki persentase sebesar 93,8% pada aspek keterbacaan, 92% pada aspek konstruksi, dan 95,3% pada aspek kesesuaian isi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpukan bahwa asesmen yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik pada aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi sehingga asesmen yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai keterampilan proses sains siswa yang meliputi ke-terampilan mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menginferensi, dan mengomunikasikan. Kata kunci : Asesmen, Keterampilan Proses Sains, Klasifikasi Materi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5494659 . Digilib
Date Deposited: 10 Sep 2015 08:03
Last Modified: 10 Sep 2015 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item