Aimbawati, 1013033071 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 3 TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (308Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Motivasi belajar dalam suatu kegiatan pembelajaran dapat dicapai dari kesesuaian model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran MURDER merupakan model kooperatif yang menyusun struktur interaksi siswa. Langkah-langkah pembelajaran yang kompleks dan komprehensip dengan memperhatikan mood (suasana hati), understand (memahami), recall (pengulangan), digest (menelaah), expand (pemahaman), review (mempelajari kembali) dapat memberikan kebebasan kepada siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga dapat menumbuhkan motivasi. Pada penelitian ini aspek-aspek motivasi yang diukur adalah minat, semangat, tanggung jawab, respon dan kepuasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015 (2). Seberapa besar signifikansi pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data deskriptif kuantatif dengan menggunakan paired t test. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan secara statistik diperoleh nilai Sig.=0,000, artinya terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada saat pre test dan post test setelah dilakukan model pembelajaran MURDER, artinya model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tumijajar. Besarnya pengaruh pembelajaran MURDER terhadap motivasi pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tumijajar adalah 51,1% sedangkan sisanya (46,9%) disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LA History of education > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 6120173 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 03:32 |
Terakhir diubah: | 22 Sep 2015 03:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12912 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |