Ahmad Efendi, 1113024001 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf Download (804Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian adalah desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X3 dan X7 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata N-gain sebesar 66,85. Peningkatan indikator berpikir kreatif siswa terjadi pada indikator berpikir lancar (80,06%), berkriteria “tinggi”; berpikir luwes (82,67%) berkriteria “tinggi”; berpikir orisinal (53,79) berkriteria “sedang”; dan berpikir merinci (37,50%) berkriteria “sedang”. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati memiliki kriteria tinggi yaitu 76 %. Dengan demikian, pembelajaran Problem Posing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Lingkungan. Kata kunci: Problem Posing, berpikir kreatif, aktivitas belajar, lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 7534953 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 02:45 |
Terakhir diubah: | 16 Mar 2022 02:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12920 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |