ARFIYANA DESTARIA TARMIZI, 1113024006 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan ). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (390Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI .pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (417Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (478Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (279Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi dan wawancara pada guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum mampu melatih self efficacy siswa dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan self efficacy siswa. Salah satu solusinya adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBI terhadap hasil belajar dan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest-postest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan kelas VIIB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa self efficacy siswa yang diambil Arfiyana Destaria Tarmizi iii dari angket yang dianalisa secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji ANOVA satu jalur pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBI mampu meningkatkan self efficacy siswa dengan rata-rata aspek self efficacy siswa sebesar 76% dengan kriteria baik. Pada aspek pencapaian kinerja sebesar 77%, aspek pengalaman orang lain sebesar 73%, aspek persuasi verbal sebesar 80%, dan aspek psikologis sebesar 75%. Disamping itu, model pembelajaran PBI mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 62,2. Selain itu, terdapat hubungan positif antara self efficacy dan hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBI meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, PBI, self efficacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 3161028 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 04:40 |
Terakhir diubah: | 30 Sep 2015 04:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12944 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |