PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan )

ARFIYANA DESTARIA TARMIZI, 1113024006 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan ). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (390Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (417Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (478Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi dan wawancara pada guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum mampu melatih self efficacy siswa dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan self efficacy siswa. Salah satu solusinya adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBI terhadap hasil belajar dan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest-postest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan kelas VIIB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa self efficacy siswa yang diambil Arfiyana Destaria Tarmizi iii dari angket yang dianalisa secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji ANOVA satu jalur pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBI mampu meningkatkan self efficacy siswa dengan rata-rata aspek self efficacy siswa sebesar 76% dengan kriteria baik. Pada aspek pencapaian kinerja sebesar 77%, aspek pengalaman orang lain sebesar 73%, aspek persuasi verbal sebesar 80%, dan aspek psikologis sebesar 75%. Disamping itu, model pembelajaran PBI mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 62,2. Selain itu, terdapat hubungan positif antara self efficacy dan hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBI meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, PBI, self efficacy

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 3161028 . Digilib
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:40
Last Modified: 30 Sep 2015 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12944

Actions (login required)

View Item View Item