PEMAHAMAN STRUKTUR CERITA PENDEK KUPU-KUPU IBU KARYA KOMANG IRA PUSPITANINGSIH OLEH SISWA KELAS VII SMP DWI WARNA PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MIRA SALVIANI, 1113041039 (2015) PEMAHAMAN STRUKTUR CERITA PENDEK KUPU-KUPU IBU KARYA KOMANG IRA PUSPITANINGSIH OLEH SISWA KELAS VII SMP DWI WARNA PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (440Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (104Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah, yaitu bagaimana tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek “Kupu-Kupu Ibu” karya Komang Ira Puspitaningsih. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek“Kupu-Kupu Ibu” karya Komang Ira Puspitaningsih kelas VII SMP Dwi Warna Panjang Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Misalnya, perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, serta dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Hal ini dilihat dari suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks cerita pendek “Kupu-Kupu Ibu” karya Komang Ira Puspitaningsih yang terangkum dalam modul yang dibelajarkan oleh guru pada siswanya di sekolah. Selanjutnya, peneliti memberikan tes berupa soal yang terdiri dari 30 soal. Soal yang digunakan untuk tes, yaitu kategori tema dan masalah, sebanyak delapan soal, kategori fakta cerita sebanyak tiga belas soal, dan kategori sarana cerita sebanyak sembilan soal. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) membaca hasil lembar jawaban kerja siswa; (2) mengoreksi jawaban siswa; (3) memberikan nilai pada lembar jawaban siswa yang telah dikoreksi; (4) mengklasifikasikan data sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, dan (5) menyimpulkan hasil deskripsi tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek “Kupu-Kupu Ibu” karya Komang Ira Puspitaningsih, yakni memiliki nilai rata-rata 66,39 dan secara umum dikategorikan cukup. Selain itu, dalam pembelajaran siswa sudah dapat memahami materi struktur cerita pendek yang telah diajarkan sebelumnya. Siswa mampu mengetahui, memahami, dan menghubungkan kejadian-kejadian atau membedakan pokok-pokok permasalahan yang terkandung dalam cerita. hal ini dapat dibuktikan dengan siswa dapat menjawab soal yang diberikan oleh peneliti dengan tepat. Secara khusus dapat dirinci (1) terdapat delapan siswa yang memiliki nilai rata-rata 82,13 dan termasuk kategori tinggi. Siswa sudah memahami struktur cerita pendek dengan baik dan menjawab soal dengan tepat. Selain itu, dalam pembelajaran siswa mampu memprediksi, menghayati, menilai, serta membuat simpulan terhadap isi cerita dan unsur-unsur yang terkandung dalam cerita pendek “Kupu-Kupu Ibu” karya Komang Ira Puspitaningsih. (2) terdapat tujuh siswa yang memiliki nilai rata-rata 69,86 dan termasuk kategori cukup. Siswa cukup memahami struktur cerita pendek dengan baik, namun dalam menjawab soal masih ada yang kurang tepat. Selain itu, dalam pembelajaran siswa mampu mengetahui, memahami, dan menghubungkan kejadian-kejadian atau membeda-kan pokok-pokok permasalahan yang terkandung dalam cerita; dan (3) terdapat sepuluh siswa yang memiliki nilai rata-rata 5,33 dan termasuk kategori rendah. Siswa kurang memahami struktur cerita pendek dengan baik dan menjawab soal kurang tepat. Selain itu, dalam pembelajaran siswa hanya kagum, serta mengetahui isi cerita dan tidak tepat dalam menjawab soal yang diberikan peneliti.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 9709688 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:40
Terakhir diubah: 05 Oct 2015 08:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir