Representasi Ikonitas Emosional Gambar Meme Komik Indonesia (Analisis Semiotika Pada Akun Twitter Meme Comic Indonesia @MemeComicIndo)

Prayoga Ardhi Pratama, 1116031088 (2015) Representasi Ikonitas Emosional Gambar Meme Komik Indonesia (Analisis Semiotika Pada Akun Twitter Meme Comic Indonesia @MemeComicIndo). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1739Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1719Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (1460Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTO.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (357Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (383Kb)
[img] File PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1507Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB VI.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Meme kini telah menjadi sebuah fenomena baru dalam media sosial. Meme digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan yang dikemas kedalam sebuah gambar yang diberi sebuah deskripsi kalimat penjelas. Meme ini unik karena digunakan untuk merepresentasikan ikonitas emosional pada diri manusia. Ikonitas emosional berupa gambar wajah manusia dengan karakter emosi seperti senang, sedih, marah, kesal dan netral. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes berdasarkan salah satu kode pokoknya yaitu kode simbol. Simbol merupakan aspek pengkodean fiksi yang paling khas bersifat struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makana yang terdapat pada gambar meme. Penelitian dilakukan selama satu periode yaitu bulan november 2014. Kesimpulan penelitian ini yaitu representasi ikonitas emosional gambar meme adalah sebuah bentuk gambar peniruan tentang sikap manusia yang pemaknaan gambar itu bergantung pada deskripsi kalimat yang digunakan. Ikonitas emosional yang sering muncul dan di retweet adalah gambar meme yang bertemakan kekinian yaitu tema yang berkaitan dengan remaja. Karakter yang gambar meme yang sering muncul yaitu karakter Yao Ming dengan gambar yang disesuikan dengan deskripsi kalimat. Kata Kunci : Ikonitas Emosional, Gambar Meme, Semiotika Abstrak Lately, Meme has become a new phenomena in social media. Meme is used to convey a message into an image thats given a description of an explanatory sentence. Meme is unique because it used to represent emotional iconic in human beings. Iconic emotional has the shape of human face with emotional characters such as happy, sad, angry, upset and neutral. This research use semiotic Roland Barthes's theory based one of the principal code that is the code symbol. Symbol encoding is an aspect of fiction that most distinctive structural. The aims of this research is to know the contained meaning in the meme images. Research conducted during one period in November 2014. The representation of emotional iconic meme image is impersonation picture of the human attitudes that the meaning of image depends on description of sentences used. Iconic emotional that often appear and retweet is images present related to teenagers. The characters of meme images that often appear is character of Yao Ming image that adjusted with descriptions sentence. Keywords: Emotional Iconic, Meme Images, Semiotic

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
> N Visual arts (General) For photography, see TR
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 6986499 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2015 08:15
Terakhir diubah: 06 Oct 2015 08:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir