SOPIYAH, 1323011040 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI SDN 4 JATI MULYO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (453Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (665Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran dan menemukan dengan tepat: 1) prosedur desain pembelajaran, 2) prosedur pelaksanaan pembelajaran, 3) asesmen pembelajaran, dan 4) peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan di kelas, dengan subjek penelitian dua kelas yaitu siswa kelas 5A dan 5B di SDN 4 Jati Mulyo Lampung Selatan. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif . Hasil penelitian ini adalah: 1) desain pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan belajar aktif siswa untuk memecahkan masalah; tujuanya adalah siswa mampu mendeskripsikan perjuangan tokoh-tokoh daerah; materi pokok perjuangan tokoh daerah melawan penjajah; media, gambar,bahan bacaan dari berbagai sumber. 2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tahap explorasi: siswa berkelompok merumuskan masalah dan curahan gagasan menjawab pertanyaan. Tahap elaborasi: siswa menggumpulkan jawaban sementara mempersiapkan kesimpulan. Tahap konfirmasi: presentasi menyampaikan kesimpulan dan ditanggapu kelompok lain. 3) prosedut asesmen dilakukan dengan pretast dan postest; instrumen evaluasi bentuk soal esai dan telah diuji validitas (0,707%) dan reabilitas (0,221%). 4) aktivitas dan hasil belajar problem solving setiap siklusnya terjadi peningkatan dari 68,42% menjadi 89,47% dan peningkatan aktivitas dari 29,76% menjadi 82,14%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPS, problem solving Abstrak Bahasa Inggris
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 6287881 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 06:35 |
Terakhir diubah: | 09 Oct 2015 06:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13227 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |