PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY MELALUI MEDIA LKS KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI

0443023011, SITI FATIMAH (2010) PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY MELALUI MEDIA LKS KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_1.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_2.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI baru.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA patim.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LmBr pNgeSaHn.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
moto.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran kimia di SMA YP Unila Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA 3 pada materi pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2008-2009 yaitu 61. Siswa yang memperoleh nilai  65 hanya 55%. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan untuk pelajaran kimia adalah 100% siswa memperoleh nilai  65. Aktivitas siswa yang dominan dalam pembelajaran adalah mendengar, mencatat materi, dan latihan soal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melatihkan Keteram- pilan Proses Sains (KPS) dan menerapkan pembelajaran guide discovery melalui media LKS konstruktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran guide discovery melalui media LKS konstruktif dalam meningkatkan (1) persentase rata-rata Siti Fatimah penguasaan konsep; (2) persentase ketuntasan belajar; (3) persentase rata-rata setiap jenis indikator KPS siswa pada materi pokok laju reaksi dari siklus I ke siklus II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif berupa data penguasaan konsep dan data KPS yang diungkap melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan (1) persentase rata-rata penguasaan konsep sebesar 8,54%; (2) persentase ketun- tasan belajar siswa sebesar 16,67%; dan (3) persentase rata-rata pada setiap kete- rampilan sesuai indikator KPS, yaitu mengobservasi sebesar 27,33 %, mengukur sebesar 29,33%, mengkomunikasikan sebesar 12,34 % dan menarik kesimpulan sebesar 7,14 %.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:34
Last Modified: 22 Oct 2015 09:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item View Item