DEWI AYU PURNAMASARI, 1113041021 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (423Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (334Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah instrumen penilaian ranah pengetahuan dan keterampilan untuk pembelajaran teks eksposisi di SMA. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian ranah pengetahuan dan keterampilan yang akan diterapkan pada materi teks eksposisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X yang dapat digunakan sebagai penilaian di kelas. Penelitian ini menggunakan metode desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Uji coba produk dilakukan oleh dosen FKIP Unila yang ahli dalam bidang evaluasi, uji coba produk dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMAN 1 Kotaagung, dan uji coba pemakaian dilakukan oleh siswa di SMAN 1 Kotaagung. Teknik pengumpulan data berupa angket. Penelitian ini menghasilkan perangkat instrumen penilaian yang terdiri dari desain produk (gambaran umum perangkat penilaian yang akan dibuat), kisi-kisi instrumen penilaian (berisi KI, KD, indikator, materi pembelajaran), instrumen penilaian (PG, B-S ber-alasan, Uraian), kunci jawaban, rubrik penilaian, pedoman penskoran, lembar rekapitulasi nilai akhir siswa, lembar penilaian proses, dan lembar penilaian diri siswa (sikap jujur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang telah dikembangkan layak digunakan dalam menilai kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil penelitian ini dikatakan layak karena skor rata-rata yang diperoleh dari angket uji ahli untuk aspek konstruksi 3,5, aspek substansi 3,5, dan aspek bahasa 3,62 sehingga perangkat penilaian layak untuk digunakan. Kata kunci: eksposisi, pengembangan instrumen, penilaian.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 6390305 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Oct 2015 04:30 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2015 04:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13344 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |