0813041023, Dhyah Devitarani (2012) KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA LAMPUNG SISWA KELAS VIII SMP AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER & HALAMAN JUDUL DHYAH.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK DHYAH.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. LEMBAR PENGESAHAN & SURAT PERNYATAAN DHYAH.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. RIWAYAT HIDUP, MOTO, PERSEMBAHAN, & SANWACANA DHYAH.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. DAFTAR ISI DHYAH.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. DAFTAR PUSTAKA DHYAH.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (631Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf bahasa Lampung siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf bahasa Lampung siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Halhal yang dinilai terdiri dari lima aspek, yaitu kesatuan paragraf, kepaduan paragraf, kalimat efektif, kosa kata, dan ejaan. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 200 siswa. Sampel yang ditetapkan sebanyak 50 siswa yang diambil dari 10 siswa per kelas dengan berdasarkan suku, yaitu suku Lampung 5 siswa dan suku non-Lampung 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Dhyah Devitarani Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa kemampuan menulis paragraf bahasa Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sedang (61,68%) sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan menulis paragraf bahasa Lampung siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sedang (61,76%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sedang (61,6%). Adapun simpulan secara khusus bahwa kemampuan menulis paragraf bahasa Lampung berdasarkan aspek kesatuan paragraftermasuk dalam tingkat kemampuan baik (70,6%) sedangkan berdasarkan suku, siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan baik (68,53%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan baik (72,66%). Berdasarkan aspek kepaduan paragraftermasuk dalam tingkat kemampuan sangat baik (82,66%) sedangkan berdasarkan suku, siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sangat baik (83,46%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sangat baik (81,86%). Berdasarkan aspek kalimat efektif termasuk dalam tingkat kemampuan sangat kurang (24,1%) sedangkan berdasarkan suku, siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sangat kurang (24,2%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sangat kurang (24%). Berdasarkan aspek kosa kata termasuk dalam tingkat kemampuan kurang (47,4%) sedangkan berdasarkan suku, siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan kurang (51,6%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan kurang (43,2%). Berdasarkan aspek ejaan termasuk dalam tingkat kemampuan sedang (61,4%) sedangkan berdasarkan suku, siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sedang (61,6%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam tingkat kemampuan sedang (61,2%).
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:47 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13489 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |