ENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS XII SMK 17 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1113116001, Pujiastuti (2012) ENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS XII SMK 17 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (211Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER 2.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (56Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis surat resmi merupakan masalah dalam penelitian ini. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 62,85, padahal kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah sebesar 65 atau indikator pencapaian ketuntasan 75%. Berdasarkan masalah tersebut, perlu diadakan penelitian tindakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat resmi. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis surat resmi melalui penggunaan metode pemberian tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui siklus. Proses pembelajaran menulis dilaksanakan dengan memberi perlakuan kepada siswa pada masing-masing siklus. Perlakuan yang dimaksud, yakni melalui pemberian tugas menulis kepada siswa. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK 17 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran menulis surat resmi dengan menggunakan metode pemberian tugas secara kelompok pada siklus satu dan menggunakan metode pemberian tugas secara individu pada siklus dua. Aspek yang diamati pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran menulis surat resmi dengan menggunakan metode pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat resmi pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus satu nilai rata-rata 67, siswa yang tuntas 16 orang dengan persentase 57,14%, dan siswa yang belum tuntas 12 orang dengan persentse 42,85%. Pada siklus dua nilai rata-rata 76, siswa yang tuntas 23 orang dengan persentase 82,14% dan siswa yang belum tuntas 5 orang dengan persentase 17,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis surat resmi sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:48
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13501

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir