PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MENANGKAP BOLA MELAMBUNG DALAM BERMAIN ROUNDERS MELALUI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD N PANCASILA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1013078045, Okmon (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MENANGKAP BOLA MELAMBUNG DALAM BERMAIN ROUNDERS MELALUI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD N PANCASILA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak OKMON.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 2.pdf

Download (232Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 3.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (136Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 5.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (69Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar memukul bola kasti melalui modifikasi alat pada siswa kelas V SD Negeri Pancasila Natar Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan penggunaan alat bantu berupa bola pelastik di isi busa dan karet/tenis bekas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan 2 siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa, dengan jumlah 13 laki-laki dan 11 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi dengan menggunakan instrumen penilaian gerak dasar menangkap bola melambung dalam bermain rounders. Hasil penelitian menunjukkan: pada temuan awal hanya mencapai ketuntasan 0 % hal ini berarti masih sangat rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar menangkap bola melambung dalam bermain rounders. Pada siklus pertama dengan penggunaan alat bantu bola pelastik di isi busa yang lebih besar dari bola standart diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 46 %, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal 80 % itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan penggunaan alat bantu bola standart yaitu bola karet/tenis bekas diperoleh hasil ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 83 % hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan Pembelajaran gerak dasar menangkap bola melambung dalam bermain rounders dengan menggunakan alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar memukul bola kasti pada siswa-siswi kelas V SD Negeri Pancasila Natar Tahun Pelajaran 2012/2013. Implikasinya tanpa menggunakan metode, model, dan pedekatan pembelajaran yang sesuai tidak akan mengalami perubahan yang berarti pada penelitian ini.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:50
Terakhir diubah: 02 Nov 2015 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir