0713053031, Heru Setyawan (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 5 METRO PUSATTAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1423Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PERSEMBAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar pengesahaan.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (75Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangioleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 5 Metro Pusat dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data berupa panduan obsevasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisisdengananalisiskualitatifdankuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan persentase aktivitas dan rata-rata hasil belajar siswa setiap siklus. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,98%, meningkat pada siklus II menjadi65,85%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 80,43%. Begitu pula rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari 56,71 pada siklus I, menjadi 70,53 pada siklus II, dan81,18 pada siklus III. Berdasarkan hasil PTK yang dilaksanakan dari siklus I, II, dan III dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 5 Metro Pusat. Kata kunci : problem solving, aktivitas, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:52 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13575 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |