PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 5 METRO PUSATTAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713053031, Heru Setyawan (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 5 METRO PUSATTAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1423Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PERSEMBAHAN.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pengesahaan.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (75Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangioleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 5 Metro Pusat dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data berupa panduan obsevasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisisdengananalisiskualitatifdankuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan persentase aktivitas dan rata-rata hasil belajar siswa setiap siklus. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,98%, meningkat pada siklus II menjadi65,85%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 80,43%. Begitu pula rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari 56,71 pada siklus I, menjadi 70,53 pada siklus II, dan81,18 pada siklus III. Berdasarkan hasil PTK yang dilaksanakan dari siklus I, II, dan III dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 5 Metro Pusat. Kata kunci : problem solving, aktivitas, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:52
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir