0813053042, Mardiana Widiyanti (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V B SDN 06 METRO BARAT. Digital Library.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. PERSETUJUAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PERNYATAAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (3028Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. MOTTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (252Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (964Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V B SDN 06 Metro Barat pada mata pelajaran IPA. Rendahnya aktivitas siswa dapat dilihat dari kurangnya pastisipasi aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran dan jarang bertanya mengenai materi yang diberikan. Sedangkan rendahnya hasil belajar siswa dilihat dari adanya siswa yang belum mencapai KKM dengan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 41,93%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model siklus. Setiap silusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari kategori ”cukup aktif” menjadi ”aktif”. Sedangkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dari kategori ”sedang” menjadi ”tinggi” atau meningkat dari 51,61% pada siklus I menjadi 77,42% pada siklus II. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan model cooperative learning, Numbered Heads Together (NHT).
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:53 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13577 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |