0813053061, Tetin Pebrina (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (279Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (390Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & pengesahan.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (78Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Rendahnya aktivitas dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 52 dari Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran PKn 71 pada kelas V B SDN 1 Metro Utara melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang dilengkapi dengan bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil analisa data perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam proses pembelajaran PKn siswa kelas V B SDN 1 Metro Utara menunjukkan peningkatan persentase rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 (65,17%), siklus 2 (73,83%), dan siklus 3 (91,83%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 (67,07), siklus 2 (71,80), dan siklus 3 (80,07) yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar tiap siklusnya. Kata kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe TPS, aktivitas dan hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2015 09:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13582 |
Actions (login required)
View Item |