UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 NEGERI SAKTI KABUPATEN PESAWARAN T.P 2012-2013

1013109005, Deprinawati (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 NEGERI SAKTI KABUPATEN PESAWARAN T.P 2012-2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (414Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DEPRINAWATI.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR BARU.pdf

Download (111Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan serta masih mendominasi kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik, berlangsung monoton dan membosankan, sehingga membuat peserta didik pasif dalam kegiatan pembelajaran dan hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, (2) meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Negeri Sakti Kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik dan guru pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model snowball throwing. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) model snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik, hal ini terlihat dari penilaian aktivitas peserta didik yang semakin meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2. Pada siklus 1 aktivitas peserta didik mencapai rata-rata 58,46% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 61,48%. (2) Hasil belajar matematika peserta didik melalui model snowball throwing menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik yang meningkat dari siklus 1 dengan nilai rata-rata 65 menjadi 73,64 pada akhir siklus 2. Dengan demikian model snowball throwing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, model snowball throwing

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:55
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir