MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VI C SD NEGERI 2 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1113069046, Kurniati (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VI C SD NEGERI 2 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (295Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1480Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VI C SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA dalam materi perkembangbiakan tumbuhan menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah atau belum mencapai KKM yang ditetapkan. Mata pelajaran IPA masih menjadi pelajaran yang kurang disukai sebagian besar siswa karena mereka menganggap IPA adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Sebagian besar siswa sering tidak konsentrasi/tidak memperhatikan saat guru menjelaskan pelajaran, selain itu guru sering menggunakan metode ceramah, dan belum menggunakan metode Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas VI C SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 melalui metode Tutor Sebaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI C SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru mengajar, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari, maka digunakan soal pre tes dan post tes (evaluasi). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 56,50%, pada siklus II 62,00%, dan pada siklus III 70,00%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,13 dan pada siklus II meningkat menjadi 65,20 dan pada siklus III 73,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Tutor Sebaya dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI C SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Tutor Sebaya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:57
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir