PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP OLEH SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Ganjil TP 2009/2010)

0613024023, ERESI YULIYANI PUTRI (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP OLEH SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Ganjil TP 2009/2010). Digiltal Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (414Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (396Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (190Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Dari hasil observasi di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, diketahui bahwa nilai rata-rata penguasaan materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup masih rendah yaitu 32,15. Hasil itu masih rendah dari standar ketuntasan belajar minimal di sekolah itu yaitu ≥ 65,0. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap penguasaan materi Klasifikasi Makhluk Hidup oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII c SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Desain penelitian adalah one group pretest posttest design. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai tes awal dan nilai tes akhir. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata nilai tes awal dan tes akhir, yaitu rata-rata tes awal 40,22 sedangkan tes akhir 72,27. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap penguasaan materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup; (2) penguasaan materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup oleh siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan sebelum dilakukan pembelajaran. Kata kunci : Mind Mapping, Penguasaan Materi, Klasifikasi Makhluk Hidup.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:16
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13719

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir