0743024053, Weni Arisma (2012) EFEKTIVITAS MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA N 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover dalam.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. persembahan.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar isi.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (376Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penguasaan konsep yang tidak cukup optimal oleh siswa kelas IX IPA SMA N 8 Bandar Lampung dipengaruhi oleh strategi yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat memfasilitasi keterampilan dan pencapaian siswa salah satunya adalah mind mapping. Penggunaan mind mapping bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran terhadap penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian eksperimen ini berupa pretes-postes tak equivalen dengan melibatkan XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan IX IPA2 sebagai kelas kontrol yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa yang dianalisis menggunakan indeks aktivitas siswa dan produk mind mapping yang diperoleh dari hasil diskusi setiap kelompok serta data kuantitatif diperoleh dari pretes-postes yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata N-gain 64,73 lebih tinggi dari rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu 47,52. Rata-rata peningkatan setiap indikator kognitif penguasaan konsep oleh siswa pada kelas eksperimen juga lebih tinggi yaitu 41,27 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 31,55. Sama halnya dengan aktivitas belajar siswa, bahwa pada kelas eksperimen mencapai peningkatan aktivitas yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Aspek mengemukakan pendapat/ide dan berdiskusi mengerjakan LKS merupakan aktivitas tertinggi yang diperoleh siswa. Berdasarkan pencapaian yang telah diungkapkan, maka dapat disimpulkan bahwa mind mapping efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci: Mind mapping, penguasaan konsep, aktivitas belajar siswa, materi pokok sistem pernapasan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:04 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13760 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |