PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5 FASE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011)

0613024042, Roniya Hendahsari (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5 FASE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (156Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab3.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka nia.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (507Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (392Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (268Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (549Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA pada SMA Al Kautsar masih rendah. Hal tersebut diduga karena siswa tidak pernah diberi pengalaman langsung oleh guru untuk menggali keterampilan prosesnya. Untuk mengatasi hal tersebut, telah dilakukan penelitian dengan menerapkan model siklus belajar 5 fase. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh penerapan model siklus belajar terhadap keterampilan proses siswa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan; 2) Rata-rata keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model siklus belajar (Learning Cycle) 5 fase dan siswa yang tidak menggunakan model siklus belajar (Learning Cycle) 5 fase. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest tak ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al Kautsar Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan posttest, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model siklus belajar 5 fase menghasilkan N-gain yang lebih tinggi dibanding model konvensional. Hal ini berarti bahwa keterampilan proses siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model siklus belajar 5 fase lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model siklus belajar 5 fase terhadap keterampilan proses siswa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kata kunci : model siklus belajar 5 fase, keterampilan proses sains, materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:17
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13775

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir