PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SAINS KELAS IX PADA SMP SSN (SEKOLAH STANDAR NASIONAL) DI BANDAR LAMPUNG

0613024050, Uci Pratiwi (2011) PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SAINS KELAS IX PADA SMP SSN (SEKOLAH STANDAR NASIONAL) DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I (judul baru).pdf

Download (216Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (338Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III (baru).pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB ke IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (390Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (3939b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (3990b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (199Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Pembelajaran yang dilakukan guru seharusnya mengacu pada standar proses. Standar proses merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.Untuk itu telah dilakukan penelitian profil kemampuan mengajar guru sains kelas IX SMP SSN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mutu silabus dan RPP yang dibuat oleh guru sains mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP kategori SSN, (2) mutu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sains mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP kategori SSN, (3) mutu pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru sains mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP kategori SSN, dan (4) mutu penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru sains mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP kategori SSN. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu 10 guru sains mata pelajaran biologi kelas IX . Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan data dengan menggunakan lembar penilaian (silabus dan RPP), lembar Observasi (pembelajaran dan pengelolaan kelas), lembar biodata guru, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembuatan silabus 20% guru berkriteria tinggi, 50% guru berkriteria sedang, dan 30% guru berkriteria rendah sedangkan pembuatan RPP 70% guru berkriteria tinggi dan 30% guru berkriteria sedang. Untuk kegiatan pembelajaran 60% guru berkriteria tinggi dan 40% guru berkriteria sedang. Untuk pengelolaan kelas 100% guru berkriteria tinggi sedangkan untuk penilaian pembelajaran 40% guru berkriteria tinggi dan 60% guru berkriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mutu silabus dan RPP yang dibuat oleh guru berkriteria sedang dan tinggi beracuan pada panduan pengembangan silabus dan RPP, mutu kegiatan pembelajaran dan mutu pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru berkriteria tinggi sedangkan mutu penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru berkriteria sedang beracuan standar proses yang telah ditetapkan dalam Permendiknas No.41 tahun 2007. Kata Kunci : Profil, Guru sains, SSN

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:17
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir