EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kotaagung Tanggamus TP 2010/2011)

0643024030, Lia Septiana (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kotaagung Tanggamus TP 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (288Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (295Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (346Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
i.cover Lia.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ii,iii abstrak.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
iv.Sebelum cover.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ix. Motto.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
v.menyetujui.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
vi.mengesahkan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
vii.Pernyataan.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
viii. Riwayat Hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
x.persembahan new.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xi, xii. sanwacana.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xiii, xiv .dft isi.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xv. dft tabel.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xvi. daftar gambar.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Kotaagung diketahui bahwa selama ini guru kurang memberdayakan keterampilan berpikir kritis secara efektif dan optimal karena guru masih menggunakan model Direct Instruction. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur: (1) Efektivitas model Reciprocal Teaching pada kelas Eksperimen dibanding dengan kelas kontrol terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) Indikator berpikir kritis yang paling tinggi disetiap pertemuan pada kedua kelas; (3) Aktivitas siswa selama pembelajaran model Reciprocal Teaching dibandingkan dengan model Direct Instructon. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang diperoleh dari angket kemenarikan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1); Pembelajaran Biologi menggunakan model Reciprocal Teaching efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari persentase siswa tuntas belajar 100 % mencapai ≥ 65 dengan N-gain (60,39) lebih tinggi dari N-gain dengan model Direct Instruction (49,21). (2) Indikator keterampilan berpikir kritis yang paling tinggi pada pertemuan I pada kelas eksperimen adalah interpretasi sedangkan pada kelas kontrol adalah penjelasan. Pada pertemuan II indikator yang paling tinggi untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah interpretasi; (3) Aktivitas siswa pada model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan model Direct Instruction dengan peningkatan (12,5%). Aspek Mengemukakan pendapat/ide merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model Reciprocal Teaching. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran biologi menggunakan model Reciprocal Teaching efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotaagung materi pokok Ekosistem. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, Keterampilan berpikir kritis, Aktivitas belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:18
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir