0643024046, Riang Budi Susanti (2011) PROFIL KEMAMPUAN GURU SAINS KELAS VII SMP BERSTANDAR NASIONAL DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (338Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (3804b) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Kemampuan membuka dan menutup pelajaran yang dimiliki guru belum sepenuhnya memberikan hasil positif terhadap kegiatan pembelajaran. Untuk itu telah dilakukan penelitian profil kemampuan guru sains kelas VII SMP Berstandar Nasional di kota Bandar Lampung dalam membuka dan menutup pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan guru sains kelas VII SMP Berstandar Nasional di kota Bandar Lampung dalam membuka pelajaran, (2) kemampuan guru sains kelas VII SMP Berstandar Nasional di kota Bandar Lampung dalam menutup pelajaran, (3) tanggapan siswa terhadap kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi kelas VII yang mengajar pada SMP Berstandar Nasional di kota Bandar Lampung. Metode sampling yang dilakukan adalah sampling jenuh, sehingga diperoleh guru biologi kelas VII yang berjumlah 10 guru. Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif berupa gambaran mengenai kemampuan guru sains kelas VII SMP Berstandar Nasional di kota Bandar Lampung dalam membuka dan menutup pelajaran. Penilaian diambil melalui lembar observasi dan angket. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemampuan guru sains kelas VII dalam membuka pelajaran bervariasi yaitu 50% guru memiliki kategori tinggi, 30% kategori sedang dan 20% kategori rendah; (2) kemampuan guru sains kelas VII dalam menutup pelajaran 50% guru memiliki kategori tinggi dan 50% kategori sedang; (3) tanggapan siswa terhadap kegiatan membuka pelajaran menunjukkan sebagian besar guru berkategori tinggi (90%) dan sebagian kecil guru (10%) berkategori sedang; (4) tanggapan siswa terhadap kegiatan menutup pelajaran menunjukkan sebagian guru berkategori tinggi (60%) dan hampir sebagian guru (40%) berkategori sedang. Guru-guru yang memiliki kemampuan tinggi melakukan sebagian besar indikator kegiatan membuka dan menutup pelajaran, telah melaksanakan kegiatan membuka dan menutup pelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan dalam RPP, memiliki lama mengajar di atas 7 tahun, dan telah banyak mengikuti pelatihan. Guru-guru dengan kemampuan sedang melakukan hanya sebagian indikator kegiatan membuka dan menutup pelajaran, sebagian juga yang telah melaksanakan kegiatan membuka dan menutup pelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan dalam RPP, memiliki lama mengajar di bawah 7 tahun, dan hanya sedikit mengikuti pelatihan. Kata Kunci : Profil, Kemampuan membuka dan menutup pelajaran, Guru, Sains, SSN.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:18 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13803 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |