0713024013, Yulia Catur Nugraheni (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (797Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (3825Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (3641Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (5Mb) |
||
|
File PDF
bab 3.pdf Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (251Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar_isi.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (375Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (1109Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
abstrak SMP Negeri 8 Bandar Lampung merupakan sekolah yang tidak memiliki lahan yang cukup luas sehingga dapat menyulitkan guru dan siswa jika melakukan pembelajaran langsung di luar kelas. Media maket akan efektif digunakan jika dikombinasikan dengan model pembelajaran yang tepat dalam menggali keterampilan berpikir rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media maket dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berpikir rasional siswa pada materi pokok ekosistem dan keterampilan berpikir rasional siswa pada materi pokok ekosistem yang menggunakan media maket dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi jika dibandingkan menggunakan media gambar dengan metode diskusi. Yulia Catur Nugraheni Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretes-postes talc ekuivalen dengan pengambilan sampel cluster sampling. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai pretes dan postes yang diperoleh dari tes di awal pertemuan dan diakhir pertemuan. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap media dan model yang digunakan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji t, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain keterampilan berpikir rasional siswa pada kelas eksperimen (60,14 ± 16,42) lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-Gain siswa kelas kontrol (51,26 + 14,01) dengan indikator keterampilan berpikir rasional siswa yang paling tinggi yaitu indikator mengolah informasi dan mengambil keputusan. Hal tersebut didukung oleh aktivitas siswa yang lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol dengan kriteria tinggi untuk setiap indikator aktivitas siswa. Dengan demikian, kombinasi media maket dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir rasional siswa pada materi pokok ekosistem dibandingkan media gambar dengan metode diskusi Kata kunci: Media maket, STAD, keterampilan berpikir rasional, ekosistem.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:19 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13823 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |