, RATNASARI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII A SMP PGRI I GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
Text
Sampul dalam.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
2,ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
4.Lembar PENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
5.Pernyataan.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
|
Text
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
I.BAB I .pdf - Published Version Download (164Kb) | Preview |
|
|
Text
III.BAB III.pdf - Published Version Download (205Kb) | Preview |
|
|
Text
II.BAB II.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV .pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (296Kb) |
|
|
Text
BAB V .pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.doc 1.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
Lampiran.zip - Published Version Download (7Mb) |
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII A SMP PGRI I Gadingrejo Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah TPS pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa (1) rencana pembelajaran yang disusun oleh guru sudah relevan dengan kelengkapan dokumen SK, KD, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, dan penilaian, (2) proses pembelajaran dengan menerapkan model TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif dalam mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas, mengajukan pertanyaan, menjawab atau mengemukakan pendapat, bekerjasama dalam diskusi, mendengarkan pendapat kelompok lain, dan mencatat hal-hal yang penting. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 52% (kategori cukup aktif) dari indikator yang ditentukan dan meningkat sebesar 12% dari data awal sebelum digunakan model pembelajaran TPS. Siklus II mencapai 65%(kategori aktif) dan meningkat dari siklus I. Pada siklus III rata-rata keaktifan siswa mencapai 82% (kategori sangat aktif) dan meningkat dari siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran TPS dengan selalu memotivasi siswa pada setiap pra pembelajaran dan pada proses pembelajaran guru bertindak sebagai fasilitator, mativator, membimbing siswa secara menyeluruh, melibatkan siswa dalam membuat kesimpulan serta melaksanakan umpan balik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII A SMP PGRI I Gadingrejo kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2011/ 2012.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Depositing User: | Library Unila |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 05:18 |
Last Modified: | 18 Mar 2014 05:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1385 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |