PENGARUH PENGGUNAAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBINTANG

064302402008, Anggraeni Melizawati (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBINTANG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
I bab.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II bab.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
III bab.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img] File PDF
IV bab.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (327Kb)
[img]
Preview
File PDF
V bab.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
i Cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ii, iii Abstrak_aang.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
iv cover dalam.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ix Pernyataan.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
v Persetujuan.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
vi Mengesahkan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
vii,viii Sanwacana.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
x Riwayat Hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xi Persembahan.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xii motto.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xiii, xiv daftar isi.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xv,xvi daftar tabel.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
xvii daftar gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Tanjungbintang. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest tak ekuivalen design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang diambil secara sampling total. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari nilai tes awal pada pertemuan pertama dan tes akhir pada pertemuan terakhir. Analisis data menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 0,05 dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model Jigsaw yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu, 66,68 dan N-gain pada kelas kontrol yaitu, 27,80. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen pun lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol. Peningkatan aktivitas siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama ke pertemuan ke dua sebesar 30,88 dan meningkatkan aktivitas siswa kelas kontrol pada pertemuan pertama ke pertemuan ke dua sebesar 11,70. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungbintang dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi pada materi sistem Ekskresi. Kata kunci : Model Jigsaw, Hasil Belajar Kognitif

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:26
Terakhir diubah: 05 Nov 2015 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir