064302402008, Anggraeni Melizawati (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBINTANG. Digital Library.
|
File PDF
I bab.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II bab.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III bab.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
File PDF
IV bab.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (327Kb) |
||
|
File PDF
V bab.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
i Cover.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ii, iii Abstrak_aang.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
iv cover dalam.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ix Pernyataan.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
v Persetujuan.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vi Mengesahkan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vii,viii Sanwacana.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
x Riwayat Hidup.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xi Persembahan.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xii motto.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xiii, xiv daftar isi.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xv,xvi daftar tabel.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xvii daftar gambar.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Tanjungbintang. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest tak ekuivalen design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang diambil secara sampling total. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari nilai tes awal pada pertemuan pertama dan tes akhir pada pertemuan terakhir. Analisis data menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 0,05 dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model Jigsaw yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu, 66,68 dan N-gain pada kelas kontrol yaitu, 27,80. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen pun lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol. Peningkatan aktivitas siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama ke pertemuan ke dua sebesar 30,88 dan meningkatkan aktivitas siswa kelas kontrol pada pertemuan pertama ke pertemuan ke dua sebesar 11,70. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungbintang dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi pada materi sistem Ekskresi. Kata kunci : Model Jigsaw, Hasil Belajar Kognitif
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:26 |
Terakhir diubah: | 05 Nov 2015 06:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13881 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |