DWI ISWAHYUDI, 1113053033 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. COVER LUAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTO.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (325Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. BAB I.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. BAB II.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. BAB III.pdf Download (391Kb) | Preview |
|
File PDF
4. BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (394Kb) |
||
|
File PDF
5. BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa yang hanya sebesar 57% (12 orang siswa). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa dan kinerja guru dilakukan dengan observasi, sedangkan hasil belajar kognitif siswa dilakukan dengan tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat. Persentase aktivitas siswa sebesar 48% pada siklus I dan 71% pada siklus II, sehingga terdapat peningkatan aktivitas siswa sebesar 23%. Nilai rata-rata kognitif siswa mencapai 58,99 pada siklus I dan 78,52 pada siklus II, sehingga terdapat peningkatan nilai rata-rata kognitif siswa sebesar 19,53. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 62% pada siklus I dan 81% pada siklus II, sehingga terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 19%. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, matematika, picture and picture
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 1939171 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Oct 2015 08:22 |
Terakhir diubah: | 23 Oct 2015 08:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13893 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |