0713053005, Arif Fredianto (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (642Kb) |
||
|
File PDF
BAB I.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar grafik.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru IPS kelas IVA SD Negeri 1 Metro Barat terlihat bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran hal ini dikarenakan, pembelajaran IPS belum menggunakan media gambar secara optimal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IVA SD Negeri 1 Metro dengan menggunakan Media Gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan bentuk proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) Perencanaan (Planing) 2) Pelaksanaan (Acting) 3) Pengamatan (Observing) 4) Refleksi ( Reflecting). Data tentang aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, kemudian dengan hasil belajar siswa dapat diperoleh melalui tes yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar yaitu aktivitas belajar siklus I sebesar (58,6%) dengan kriteria ”sedang”, siklus II sebesar (68,2%) kriteria ”tinggi dan siklus III (75,4%) dengan kriteria ”tinggi”. Begitu pula terjadi peningkatan pada hasil belajar siklus I dengan rata-rata (54) dan (10) siswa tuntas dengan persentase (40%), siklus II dengan rata-rata (69) dan (17) siswa tuntas dengan persentase (68%), siklus III rata-rata (74) dan (22) siswa tuntas dengan persentase (88%). Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, penggunaan media gambar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:31 |
Terakhir diubah: | 05 Nov 2015 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14088 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |