PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH

Suleiman Nasution, MARINA TIVANI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (236Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (238Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (294Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (252Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3632Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan model kooperatif tipe TSTS; 2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif tipe TSTS; 3) peningkatan prestasi belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi menjadi tiga siklus, tindakan siklus I adalah pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan menggunakan media gambar dan artikel, siklus II dengan media gambar dan power point, sedangkan siklus III dengan media power point dan Video persamaan warga negara. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan guru dalam menyususn RPP dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS mengalami peningkatan, yaitu 48,57% pada siklus I, 57,14% pada siklus II, dan 74,28% pada siklus III; 2) proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TSTS telah berjalan dengan baik. aktivitas guru mengalami peningkatan, yaitu 84,37% pada siklus I, 96,87% pada siklus II dan 100% pada silkus III; Demikian halnya dengan Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu 78,12% pada siklus I, 87,5% pada siklus II dan 100% pada siklus III 3) prestasi belajar PKn siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu 72% pada siklus I, 84% pada siklus II dan 92% pada siklus III. Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe TSTS, aktivitas belajar dan prestasi belajar PKn

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JC Political theory
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Mar 2014 05:00
Last Modified: 22 Mar 2014 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item