PEMBELAJARAN HIDROSFER DENGAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 NGAMBUR KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2011-2012

1023031086, WIDYA MELASARI (2012) PEMBELAJARAN HIDROSFER DENGAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 NGAMBUR KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2011-2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (707Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (2504Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (691Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (3677Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (964Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pernyataan.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (637Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (487Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (361Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (19Mb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (22Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bidang studi Geografi khususnya materi hidrosfer pada siswa kelas X3 semester I SMAN 1 Ngambur dengan menggunakan sumber belajar ingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi proses pembelajaran, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktifan dan prestasi siswa pada siklusnya. Siklus I persentase keaktifan siswa 55,18 % dan persentase prestasi siswa 52,50 %. Pada siklus II persentase keaktifan siswa naik menjadi 64,51% dan persentase prestasi siswa 65,79 %. Begitu pula dengan siklus III, persentase keaktifan siswa naik menjadi 83.33% dan persentase prestasi siswa 77,5%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, bahwa pembelajaran dengan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X3 SMA N 1 Ngambur Kabupaten Lampung Barat Tahun Ajaran 2011/2012. Kata Kunci : sumber belajar lingkungan, aktivitas dan prestasi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:53
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir