PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 1 TUMIJAJAR TP 2011/2012

0643024041, Prasasti Echi Saputri (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 1 TUMIJAJAR TP 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (77Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER SARJANA.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. LEMBAR MENYETUJUI.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. LEMBAR MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RiWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan terhadap penguasaan konsep oleh siswa SMP N 1 Tumijajar. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE dan VIIIF yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa : (1) data kuantitatif yaitu berupa nilai penguasaan konsep oleh siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17, kemudian (2) data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan konsep oleh siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (N-gain 54,78) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (N-gain 38,89). Berarti Prasasti Echi Saputri iii pendekatan pembelajaran CTL sangat berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan konsep oleh siswa. Pendekatan pembelajaran CTL juga berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, diantaranya kemampuan mengungkapkan pendapat, kemampuan bertanya, bekerjasama dengan teman, melakukan kegiatan diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan meningkat setelah menggunakan pendekatan pembelajaran CTL. Kata kunci : Pendekatan pembelajaran CTL, penguasaan konsep, aktvitas belajar siswa, pertumbuhan dan perkembangan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:59
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir