0643024041, Prasasti Echi Saputri (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 1 TUMIJAJAR TP 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
BAB II.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (77Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER SARJANA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR MENYETUJUI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR MENGESAHKAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RiWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (21Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan terhadap penguasaan konsep oleh siswa SMP N 1 Tumijajar. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE dan VIIIF yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa : (1) data kuantitatif yaitu berupa nilai penguasaan konsep oleh siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17, kemudian (2) data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan konsep oleh siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (N-gain 54,78) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (N-gain 38,89). Berarti Prasasti Echi Saputri iii pendekatan pembelajaran CTL sangat berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan konsep oleh siswa. Pendekatan pembelajaran CTL juga berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, diantaranya kemampuan mengungkapkan pendapat, kemampuan bertanya, bekerjasama dengan teman, melakukan kegiatan diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan meningkat setelah menggunakan pendekatan pembelajaran CTL. Kata kunci : Pendekatan pembelajaran CTL, penguasaan konsep, aktvitas belajar siswa, pertumbuhan dan perkembangan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 01:59 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 01:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14479 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |